TUGAS PROFESI KEGURUAN
Rangkuman materi pembelajaran
‘’Sistem Dan StrukturOrganisasiSekolah’’
DisusunOleh :
Nama : I KomangAdiPurnawan (131 111 42)
: Ni Wayan Budi Ariyani (131 111
46)
: I Gusti
Ayu Ari Lindia Suwanita
(131 111 48)
; I Dewe
Made Rai Semara
(131 111 40)
Jurusan/sem:
Semester IIIpendidikan (B)
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA HINDU
SEKOLAH
TINGGI AGAMA HINDU NEGERI GDE PUDJA MATARAM
2014
SistemDan
StrukturOrganisasiSekolah
BAB I
Dalambab XV pasal 49
undang-undangnomer 2 tahun 1989 disebutbahwapengelolaan system
pendidikannasionaladalahtanggungjawabmenteri P dan K. Pengelolaansatuanpendidikan
yang diselenggarakanolehmasyarakatdilakukanolehbadan/perorangan yang
menyelenggarakansatuanpendidikan yang bersangkutan.MenterimempunyaiaparatDepartemenPendidikandanKebudayaan.PemahamantentangstrukturorganisasidanaspekadministrasidalamDepartemeninisangatpentingkarenadapatmembantumahasiswauntukmengetahui
proses, tingkatdanmekanismepengambilankeputusanpendidikansertamengetahuialurkomunikasidalampendidikannasional.
A.
UnsurdanStrukturOrganisasiDepartemenPendidikandanKebudayaan
DepartemenpendidikandanKebudayaanmerupakansalahsatuwahanadalampengelolaansistempendidikannasional.TugaspokokDepartemenpendidikandankebudayaanadalahmenyelenggarakansebagaitugasumumpemerintahandanpembangunandibidangpendidikandankebudayaan.
Unsur-unsurdalamstrukturorganisasiDepartemenPendidikandanKebudaayanadalah
: (1) menteri, (2) SekertariatJendral, (3) inspektoratjendral, (4)
direktoratpendidikandasardanmenengah, (5) direktoratjendralpendidikantinggi,
(6) direktoratpendidikanjendralpendidikanluarsekolah, pemuda, danolah raga (7)
direktoratjendralpendidikan, (8) badanpenelitiandanpengembanganpendidikandankebudayaan,
(9) pusat-pusatdibidangkhusus, (10) instansivertikaldiwilayah.
1. Menterimerupakanpembantupresidendanmengelola
system pendidikannasional. Tugaspokokmenteriadalah :
Ø Memimpindepartemensesuaidengantugaspokokyang
telahdigariskanpemerintahdanmembinaaparaturDepartemenPendidikandanKebudayaan
agar berdayagunadanberhasilguna.
Ø Menetukankebijaksanaapelaksanaanbidangpemerintahansecarafungsionalmenjaditanggungjawab
yang sesuaidengankebijaksanaanumum yang telahditetapkanolehpresiden.
Ø MembinadanmeaksanakankerjasamadenganDepartemendanInstansi,
danorganisasilainnyadalamusahapengelolaansistempendidikannasional.
2. SekertariatJendralyaituTugasPokokseketariatjendraladalahmenyelenggarakanpembinaanadministrasi,
organisasi, danketatalaksanaanterhadapseluruhunsurdilingkungandepartemenpendidikandankebudayaandalamrangkapelaksanaantugaspokokdepartemen.SeketariatJendralmempunyaidelapan
biro, setiap biro
terdiridarisebanyak-banyaknyalimabagiandansetiapbagianterdiridarisebanyak-banyaknyaempat
sub-bagian.
3. DirektoratJendralPendidikanTinggi
DirektoratJendraladalahsatuanpelaksadepartemenpendidikandankebudayaan,
yang dipimpinolehDirekturJendralPendidikanTinggi.DirektoratJendralPendidikanTinggimempunyaitugasmenyelanggarakansebagiantugasDepartemendibidangpendidikantinggiberdasarkankebijakasanaan
yang ditetapkanolehmenteri.
4. DirektoratPendidikanJendralPendidikanLuarSekolah,
Pemuda, Dan Olah Ragaadalahsatuanpelaksanaandepaertemenpendidikandankebudayaan
yangdipimpinolehdirekturpendidikanjendralpendidikanluarsekolah, pemuda, danolah
raga.MempunyaitugaspokokyaitumenyelenggarakansebagiantugaspokokDepartemendibidangpendidikandiluarSekolah,
PemudadanOlahragaberdasarkankebijaksanaan yang ditetapkanolehMenteri.
5. DirektoratjendralKebudayaanadalahmerupakansatuanpelaksanaDepartemenpendikandankebudayaan
yang dipimpinolehseorangDirekturjendral. TugaspokokDirjenKebudayaanadalahmenyelenggarakansebagiantugaspokokDepartemendibidangKebudayaanberdasarkankebijaksanaan
yang ditetapkanolehmenteri.
6. BadanPenelitian
Dan PengembanganPendidikan Dan Kebudayaanmerupakanpelaksanatugasdibidangpenelitiandanpembangunanpendidikandankebudayaan
yang beradadibawahtanggungjawablangsungkepadaMenteridanPendidikandanKebudayaan,
yang
mempunyaitugaspokokyaitumelaksanakansebagiantugasdariDepartemenPendidikandanKebudayaandibidangpenelitiandanpengembanganpendidikandankebudayaanberdasarkankebijaksanaanMenteriPendidikandanKebudayaansertaperaturanperundang-undangan
yang berlaku.
7. Pusat-PusatDibidangKhususMerupakanPelaksanaTugasDibidangKhusus
yang sesuaidengannamasebutannya.
Pusat-pusatiniberadalangsungdibawahMenteriPendidikandanKebudayaan.
8. StrukturOrganisasiVertikalDepartemenPendidikandanKebudayaansecarakeseluruhantugaspokokinstansiVertikalDepartemenpendidikandankebudayaan
yang diaturdalamkeputusanMenteriPendidikandanKebudayaanNomer 0173/O/1983.
a) Tingkat
Provensi
b) Tingkat
Kabupaten/Kota Madya
c) Tingkat
Kecamatan
d) Tingkat
Sekolah
B.
LembagaPendidikanTenagaKependidikan
1.
Tujuandanisi
program pendidikan guru
Karenapekerjaan
guru merupakanpekerjaanpropesional, makatujuanpendidikanprajabat guru
jugasjalandengankerangkatujuanpendidikanpropesionallainnya.Tujuanpendidikan
guru adalahmembentukkemampuanuntuk : (a) melaksanakantugas, yang
mempunyaikomponenmengenalapa yang harusdikerjakan,
menguasaicarabagaimanasetiapaspekdantahaptugasharusdikerjakan,
sertamenghayatidnganrasionalmengapasuatubagiantugasdilaksanakandengansatucaradantidakdengancara
lain, (b) mengetahuibatas-bataskemampuannyasendiri, sertasiap,
danmampumenemukansumber yang dapatmembantumengatasiketerbatasanitu (T. Raka
Joni dalamSemiawan, dkk, 1991).
Menurut
T. RakaJoni (1991) tujuanpendidikanprajabatan guru adalahsebagaiberikut :
a) Penguasaanbahanajaran
Ada duahaldalamtujuaniniyaitu,
(1)
meliputipenguasaansecarautuhbidangilmusumberajarandarikonsep-konsepdasarnya,
metologipenelitiandanpengembanganmaupunprofesinya. (2)
meliputipenguasaanisibahanajaransekolah, sasaran, baikcakupan, tataurutan,
cara, maupunbentukprestasinyagunakeperluanpengajaran.
b) PenguasaanTeoridanKeterampilanKeguruan
Hal inimeliputi
(1) pengertiandanpemahaman yang berkaitandenganfalsafahdanilmupendidikantermasukilmu-ilmupenunjangnya,
(2) penguasaanprinsipdanprosedurkeguruan yang berkaitandenganbahanajaran yang
akandibina.
c) PemilikanKemampuanMemperagakanUnjukKerja
Kemampuan yang
dimaksusadalahkemampuanmengelolakegiatanbelajar-mengajardibidangmataajaranpsesialisasi,
yang melibatkankelompokmurid yang setaradengankelompok yang akandiajarkankelak.
d) PemilikanSikap,
Nilai, danKeperibadian
Pemilikansikap,
nilaidankecendrungankeperibadian yang menunjangpelaksanaantugas-tugassebagai
guru (pendidik).
e) PemilikanKemampuanMelaksanakanTugasProfesional
Lain Dan TugasAdministratifRutin
Kepemilikankemampuanmelaksanakantugas-tugasprofesionallaindantugas-tugasadministratifrutindalamrangkapengoprasiansekolah,
disampingkemampuanambilbagiandidalamkehidupankesejawatandilingkungansekolah.
2.
KelembagaanPendidikanKeguruan
Kelembagaanpendidikankeguruandiindonesiatelahmengalamiperubahandanperkembanganmulaidarikursus-kursussampaikepadalembaga-lembagapendidikanprajabatansepertipendidikan
guru, fakultaskeguruandanilmupendidikan (FKIP) yang
merupakanbagiandariUniversitas, danInstitutKeguruandanIlmuPendidikan (IKIP) dalambentuknya
yang sekarangini.Untukmenghasilkanpendidikan yang bermutu, IKIP dan FKIP ada
pula yang mampumenyelenggarakan program pascasarjana yang menyelenggarakan
program S2 dan S3 ilmupendidikan.
Kesimpulan
Dalambab
XV pasal 49 undang-undangnomer 2 tahun 1989 disebutbahwapengelolaan system
pendidikannasionaladalahtanggungjawabmenteri P dan K.
Pengelolaansatuanpendidikan yang
diselenggarakanolehmasyarakatdilakukanolehbadan/perorangan yang
menyelenggarakansatuanpendidikan yang bersangkutan. MenterimempunyaiaparatDepartemenPendidikandanKebudayaan.PemahamantentangstrukturorganisasidanaspekadministrasidalamDepartemeninisangatpentingkarenadapatmembantumahasiswauntukmengetahui
proses, tingkatdanmekanismepengambilankeputusanpendidikansertamengetahuialurkomunikasidalampendidikannasional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar