Selasa, 22 September 2015

TUGAS PROFESI KEGURUAN Rangkuman materi pembelajaran



TUGAS PROFESI KEGURUAN



Rangkuman materi pembelajaran

‘’Sistem Dan StrukturOrganisasiSekolah’’
                                                       


                                   

DisusunOleh  :
          Nama         : I KomangAdiPurnawan (131 111 42)
                             : Ni Wayan Budi Ariyani (131 111 46)
                             : I Gusti Ayu Ari Lindia Suwanita (131 111 48)
                             ; I Dewe Made Rai Semara (131 111 40)
Jurusan/sem: Semester IIIpendidikan  (B)

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU
SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI GDE PUDJA MATARAM
2014


SistemDan StrukturOrganisasiSekolah
BAB I
            Dalambab XV pasal 49 undang-undangnomer 2 tahun 1989 disebutbahwapengelolaan system pendidikannasionaladalahtanggungjawabmenteri P dan K. Pengelolaansatuanpendidikan yang diselenggarakanolehmasyarakatdilakukanolehbadan/perorangan yang menyelenggarakansatuanpendidikan yang bersangkutan.MenterimempunyaiaparatDepartemenPendidikandanKebudayaan.PemahamantentangstrukturorganisasidanaspekadministrasidalamDepartemeninisangatpentingkarenadapatmembantumahasiswauntukmengetahui proses, tingkatdanmekanismepengambilankeputusanpendidikansertamengetahuialurkomunikasidalampendidikannasional.
A.    UnsurdanStrukturOrganisasiDepartemenPendidikandanKebudayaan
DepartemenpendidikandanKebudayaanmerupakansalahsatuwahanadalampengelolaansistempendidikannasional.TugaspokokDepartemenpendidikandankebudayaanadalahmenyelenggarakansebagaitugasumumpemerintahandanpembangunandibidangpendidikandankebudayaan.
Unsur-unsurdalamstrukturorganisasiDepartemenPendidikandanKebudaayanadalah : (1) menteri, (2) SekertariatJendral, (3) inspektoratjendral, (4) direktoratpendidikandasardanmenengah, (5) direktoratjendralpendidikantinggi, (6) direktoratpendidikanjendralpendidikanluarsekolah, pemuda, danolah raga (7) direktoratjendralpendidikan, (8) badanpenelitiandanpengembanganpendidikandankebudayaan, (9) pusat-pusatdibidangkhusus, (10) instansivertikaldiwilayah.
1.      Menterimerupakanpembantupresidendanmengelola system pendidikannasional. Tugaspokokmenteriadalah :
Ø  Memimpindepartemensesuaidengantugaspokokyang telahdigariskanpemerintahdanmembinaaparaturDepartemenPendidikandanKebudayaan agar berdayagunadanberhasilguna.
Ø  Menetukankebijaksanaapelaksanaanbidangpemerintahansecarafungsionalmenjaditanggungjawab yang sesuaidengankebijaksanaanumum yang telahditetapkanolehpresiden.
Ø  MembinadanmeaksanakankerjasamadenganDepartemendanInstansi, danorganisasilainnyadalamusahapengelolaansistempendidikannasional.
2.      SekertariatJendralyaituTugasPokokseketariatjendraladalahmenyelenggarakanpembinaanadministrasi, organisasi, danketatalaksanaanterhadapseluruhunsurdilingkungandepartemenpendidikandankebudayaandalamrangkapelaksanaantugaspokokdepartemen.SeketariatJendralmempunyaidelapan biro, setiap biro terdiridarisebanyak-banyaknyalimabagiandansetiapbagianterdiridarisebanyak-banyaknyaempat sub-bagian.
3.      DirektoratJendralPendidikanTinggi
DirektoratJendraladalahsatuanpelaksadepartemenpendidikandankebudayaan, yang dipimpinolehDirekturJendralPendidikanTinggi.DirektoratJendralPendidikanTinggimempunyaitugasmenyelanggarakansebagiantugasDepartemendibidangpendidikantinggiberdasarkankebijakasanaan yang ditetapkanolehmenteri.
4.      DirektoratPendidikanJendralPendidikanLuarSekolah, Pemuda, Dan Olah Ragaadalahsatuanpelaksanaandepaertemenpendidikandankebudayaan yangdipimpinolehdirekturpendidikanjendralpendidikanluarsekolah, pemuda, danolah raga.MempunyaitugaspokokyaitumenyelenggarakansebagiantugaspokokDepartemendibidangpendidikandiluarSekolah, PemudadanOlahragaberdasarkankebijaksanaan yang ditetapkanolehMenteri.
5.      DirektoratjendralKebudayaanadalahmerupakansatuanpelaksanaDepartemenpendikandankebudayaan yang dipimpinolehseorangDirekturjendral. TugaspokokDirjenKebudayaanadalahmenyelenggarakansebagiantugaspokokDepartemendibidangKebudayaanberdasarkankebijaksanaan yang ditetapkanolehmenteri.


6.      BadanPenelitian Dan PengembanganPendidikan Dan Kebudayaanmerupakanpelaksanatugasdibidangpenelitiandanpembangunanpendidikandankebudayaan yang beradadibawahtanggungjawablangsungkepadaMenteridanPendidikandanKebudayaan, yang mempunyaitugaspokokyaitumelaksanakansebagiantugasdariDepartemenPendidikandanKebudayaandibidangpenelitiandanpengembanganpendidikandankebudayaanberdasarkankebijaksanaanMenteriPendidikandanKebudayaansertaperaturanperundang-undangan yang berlaku.
7.      Pusat-PusatDibidangKhususMerupakanPelaksanaTugasDibidangKhusus yang sesuaidengannamasebutannya. Pusat-pusatiniberadalangsungdibawahMenteriPendidikandanKebudayaan.
8.      StrukturOrganisasiVertikalDepartemenPendidikandanKebudayaansecarakeseluruhantugaspokokinstansiVertikalDepartemenpendidikandankebudayaan yang diaturdalamkeputusanMenteriPendidikandanKebudayaanNomer 0173/O/1983.
a)      Tingkat Provensi
b)      Tingkat Kabupaten/Kota Madya
c)      Tingkat Kecamatan
d)     Tingkat Sekolah

B.     LembagaPendidikanTenagaKependidikan
1.      Tujuandanisi program pendidikan guru
Karenapekerjaan guru merupakanpekerjaanpropesional, makatujuanpendidikanprajabat guru jugasjalandengankerangkatujuanpendidikanpropesionallainnya.Tujuanpendidikan guru adalahmembentukkemampuanuntuk : (a) melaksanakantugas, yang mempunyaikomponenmengenalapa yang harusdikerjakan, menguasaicarabagaimanasetiapaspekdantahaptugasharusdikerjakan, sertamenghayatidnganrasionalmengapasuatubagiantugasdilaksanakandengansatucaradantidakdengancara lain, (b) mengetahuibatas-bataskemampuannyasendiri, sertasiap, danmampumenemukansumber yang dapatmembantumengatasiketerbatasanitu (T. Raka Joni dalamSemiawan, dkk, 1991).
Menurut T. RakaJoni (1991) tujuanpendidikanprajabatan guru adalahsebagaiberikut :

a)      Penguasaanbahanajaran
Ada duahaldalamtujuaniniyaitu, (1) meliputipenguasaansecarautuhbidangilmusumberajarandarikonsep-konsepdasarnya, metologipenelitiandanpengembanganmaupunprofesinya. (2) meliputipenguasaanisibahanajaransekolah, sasaran, baikcakupan, tataurutan, cara, maupunbentukprestasinyagunakeperluanpengajaran.
b)      PenguasaanTeoridanKeterampilanKeguruan
Hal inimeliputi (1) pengertiandanpemahaman yang berkaitandenganfalsafahdanilmupendidikantermasukilmu-ilmupenunjangnya, (2) penguasaanprinsipdanprosedurkeguruan yang berkaitandenganbahanajaran yang akandibina.
c)      PemilikanKemampuanMemperagakanUnjukKerja
Kemampuan yang dimaksusadalahkemampuanmengelolakegiatanbelajar-mengajardibidangmataajaranpsesialisasi, yang melibatkankelompokmurid yang setaradengankelompok yang akandiajarkankelak.
d)     PemilikanSikap, Nilai, danKeperibadian
Pemilikansikap, nilaidankecendrungankeperibadian yang menunjangpelaksanaantugas-tugassebagai guru (pendidik).
e)      PemilikanKemampuanMelaksanakanTugasProfesional Lain Dan TugasAdministratifRutin
Kepemilikankemampuanmelaksanakantugas-tugasprofesionallaindantugas-tugasadministratifrutindalamrangkapengoprasiansekolah, disampingkemampuanambilbagiandidalamkehidupankesejawatandilingkungansekolah.




2.      KelembagaanPendidikanKeguruan
Kelembagaanpendidikankeguruandiindonesiatelahmengalamiperubahandanperkembanganmulaidarikursus-kursussampaikepadalembaga-lembagapendidikanprajabatansepertipendidikan guru, fakultaskeguruandanilmupendidikan (FKIP) yang merupakanbagiandariUniversitas, danInstitutKeguruandanIlmuPendidikan (IKIP) dalambentuknya yang sekarangini.Untukmenghasilkanpendidikan yang bermutu, IKIP dan FKIP ada pula yang mampumenyelenggarakan program pascasarjana yang menyelenggarakan program S2 dan S3 ilmupendidikan.


Kesimpulan
        Dalambab XV pasal 49 undang-undangnomer 2 tahun 1989 disebutbahwapengelolaan system pendidikannasionaladalahtanggungjawabmenteri P dan K. Pengelolaansatuanpendidikan yang diselenggarakanolehmasyarakatdilakukanolehbadan/perorangan yang menyelenggarakansatuanpendidikan yang bersangkutan. MenterimempunyaiaparatDepartemenPendidikandanKebudayaan.PemahamantentangstrukturorganisasidanaspekadministrasidalamDepartemeninisangatpentingkarenadapatmembantumahasiswauntukmengetahui proses, tingkatdanmekanismepengambilankeputusanpendidikansertamengetahuialurkomunikasidalampendidikannasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar