Selasa, 22 September 2015

MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI INPUT DEVICE



MAKALAH



TEKNOLOGI INFORMASI



INPUT DEVICE

                                              


                             


Disusun Oleh  :
          Nama              : I Komang Adi Purnawan              
NIM                : (131 111 42 )
Jurusan/sem  : Semester I  I pendidikan  (B)

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU
SEKOLAH TINGGI AGAMA HINDU NEGERI GDE PUDJA MATARAM
2014



KATA PENGANTAR

“Om Swastyastu”
           puji syukur saya haturkan kehadirat ida sang  hyang widhi wasa,  berkat asung kerta wara nugraha-Nya, saya  dapat menyelesaikan tugas mandiri  makalah teknologi informasi yang berjudul“ INPUT DEVICE”
            Sesuai dengan judul yang telah disebutkan diatas, dalam makalah  ini saya memaparkan mengenai pengertian invut device dan apa saja jenis dan fungsinya. Tujuan dari penyusunan makalah ini, selain untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran teknologi informasi,  juga saya susun sebagai bahan pembelajaran.
            Namun di samping itu, saya  menyadari betul bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Dan untuk itu saya mengharapakan kritik dan saran  yang sekiranya membangun dari  para pembaca sekalian agar kekurangan dalam  makalah ini dapat diperbaiki dan menjadi lebih sempurna untuk proses penambahan wawasan kita semua.
“Om Santih, Santih, Santih, Om”



                                                                        Mataram, 8 maret 2014


                                                                          Penyusun







DAFTAR ISI

                                                                                                                                             Halaman
Kata Pengantar...........................................................................................................................
Daftar Isi......................................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
      1.1   Latar Belakang.......................................................................................................................
      1.2  Rumusan Masalah...................................................................................................................
      1.3  Tujuan.....................................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
2.1.INPUT DEVICE....................................................................................................................
2.1.1.MOUSE................................................................................................................................................................................
2.1.2.TOUCHPAD.......................................................................................................................................................................
2.1.3.LIGHT ................................................................................................................................................................................
2.1.4.PEN.......................................................................................................................................................................................
2.1.5.JOY STICK DAN GAMES PADDLE..............................................................................................................................
2.1.6.BARCODE..........................................................................................................................................................................
2.1.7.SCANNER...........................................................................................................................................................................
2.1.8.KAMERA DIGITAL.........................................................................................................................................................
2.1.9.MIKROPON DAN HEADPHONE..................................................................................................................................
2.1.10.GRAPHICS PADS...........................................................................................................................................................

Daftar Pustaka


BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sudah menjadi elemen penting bagi seluruh lapisan masyarakat dalam bersosialisasi dan berinteraksi. Teknologi informasi ini sendiri merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang perangkat-perangkat informasi baik itu perangkat lunak maupun perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah dan menghasilkan informasi maupun menyampaikan suatu informasi tersebut ke perangkat informasi lainnya.
Perkembangan teknologi informasi begitu pesat di era globalisasi ini, teknologi dan informasi seakan tidak mempunyai batasan dalam perkembangannya,dan perkembangan ini berdampak langsung terhadap kehidupan sosial serta budaya tidak hanya di Indonesia tapi mencakup berbagai belahan dunia.
Kemajuan teknologi computer adalah salah satu teklonologi informasi yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi komputer akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.
Biasanya, sehari-hari kita hanya menggunakan seperangkat PC (Personal Computer), tapi tak tahu apa pengertiannya dan menggunakannya tentu juga hanya sekedar menggunakan. Melalui makalah ini penulis mencoba membahas tentang hardware untuk memperjelas apa dan kegunaan dari Input Device itu sendiri. Makalah ini menjelaskan tentang pengertian Input Device serta bagian-bagian dan fungsinya.
1.2. RUMUSAN MASALAH
Yang menjadi rumusan masalah pada makalah ini yaitu :
1.      Apakah pengertian dari Input Device?
2.      Jelaskaan fungsi-fungsi dari bagian-bagian hardware tersebut?
1.3.TUJUAN
1.      Mengetahui pengertian dari hardware.
2.      Dapat menjelaskan fungsi-fungsi dari bagian-bagian Input Device



BAB II
PEMBAHASAN

2.1. INPUT DEVICE (UNIT MASUKAN)
Input Device / Peralatan Masukkan merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
-          Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. 
Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-          Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk. Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti.(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)



2.1.1.  Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. Typewriter Key
2. Numeric Key
3. Function Key
4. Special Function Key.

1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
-          Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
-          Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
-          Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
-          Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
-          End    
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
-          Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
-          Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
-          Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
-          Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
-          Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
-          Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.

Fungsi Sub Menu Pada Menu Bar Semua menu yang terdapat pada menu utama Microsoft word memiliki submenu yang mempunyai fungsi masing-masing sesuai dengan kelompoknya. Untuk lebih memudahkan kita bahas satu persatu. (sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.1.1 Ikon dan Sub Menu Dari menu File
Sub Menu
Tombol
Fungsinya
New
Ctrl+N
Membuat dokumen baru
Open
Ctrl+O
Untuk membuka dokumen yang tersimpan
Close
Alt+F4
Untuk menutup dokumen yang aktif
Save
Ctrl+S
Untuk menyimpan dokumen aktif
Save As

Untuk menyimpan dokumen yang belum diberi nama dan diberi kesempatan mengganti nama file
Save as Web Page

Untuk menyimpan dokumen dalam bentuk htm
File Search

Untuk mencari dokumen
Page Setup

Untuk mengatur halaman yang akan dicetak
Print Preview

Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
Print
Ctrl+P
Untuk mencetak dokumen dan juga untuk mengatur halaman
Send To

Untuk mengirimkan dokumen
Properties

Untuk membuat rangkuman dari dokumen yang aktif
Exit

Untuk keluar dari word dan menutup seluruh dokumen
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)

2.1.1.2 Ikon dan Sub Menu Dari menu Edit
Sub Menu
Tombol
Fungsinya

Undo
Ctrl+Z
Untuk membatalkan perintah yang telah dilakukan

Redo
Ctrl+Y
Untuk mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan Undo

Repeat       

Untuk mengulangi perintah yang telah dilakukan
Cut
Ctrl+X
Untuk memotong atau menghapus teks atau gambar dan disimpan dalam clipboard













Copy
Ctrl+C
Untuk mengcopy atau menyalin file, teks atau gambar yang disimpan dalam clipboard
Paste
Ctrl+V
Untuk menampilkan teks atau gambar yang telah dicopy atau di cut
Select All
Ctrl+A
Untuk memilih/menyorot seluruh teks atau gambar yang akan diolah
Find
Ctrl+F
Untuk mencari teks atau kata dalam dokumen
Repleace
Ctrl+H
Untuk mengubah teks atau kata dalam dokumen
Go To
Ctrl+G
Untuk menuju ke halaman, footnote, endonote atau bagaian lain yang ada dalam dokumen
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)

2.1.1.3 Ikon dan Sub Menu Dari menu View
Sub Menu
Tombol
Fungsinya
Normal

Mengubah penampilan layar pengetikan dalam mode normal
Web layout

Mengubah penampilan layar pengetikan dalam bentuk web view
Outline

Mengubah penampilan layar pengetikan dalam bentuk outline
Print Layout

Mengubah penampilan layar pengetikan dalam bentuk Print View
Taks Pane
Ctrl+F1
Untuk menampilkan dan menghilangkan taks pane
Toolbars

Untuk menampilkan dan menghilangkan toolbars
Ruler

Untuk menampilkan dan menghilangkan garis pengatur
Header and Footer

Untuk membuat judul di atas (header) dan membuat judul di bawah (footer)
Full screen

Untuk menampilkan dokumen dalam satu layer penuh
Magnifier

Untuk menampilkan dokumen berdasarkan pilihan pembesaran layar
Zoom

Untuk menentukan ukuran tampilan layar yang ditampilkan
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)

2.1.1.4 Ikon dan Sub Menu Dari menu Insert

Sub Menu
Tombol
Fungsinya
Page Break

Untuk menyisipkan belahan halaman
Page Number

Untuk menyisipkan nomor halaman baik di atas maupun di bawah
Date and Time

Untuk meyisipkan tanggal dan jam dalam dokumen
Symbol

Untuk menyisipkan symbol ke dalam dokumen
Footnote

Untuk menyisipkan catatan kaki dalam dokumen
Boolmark

Untuk menyisipkan tanda pada teks atau gambar, grafik atau lainnya ke dalam dokumen
Hyperlink
Ctrl+K
Untuk menyisipkan teks hyperlink pada lembar kerja yang berguna untuk dalam pembuatan shortcut dalam pembukaan dokumen yang tersimpan di internet, jaringan
Tekx Box

Untuk menyisipkan tek atau gambar pada kotak dalam dokumen
File

Untuk menyisipkan suatu file ke dalam dokumen
Insert Excel Spreadshhet

Untuk menyisipkan lembar kerja excel kedalam dokumen word
Diagram

Untuk menyisipkan digram/grafik kedalam dokumen
WordArt

Untuk menyisipkan teks yang mengandung seni kedalam dokumen
ClipArt

Untuk menyisipkan gambar ClipArt melalui Microsoft ClipArt Gallery kedalam dokumen
Object

Untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen
Autoshapes

Untuk menyisipkan gambar tertentu dari tollbar kedalam dokumen
Equation Editor

Untuk menyisipkan rumus matematika kedalam dokumen




(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.1.5 Ikon dan Sub Menu Dari menu Format

Sub Menu
Tombol
Fungsinya
Font

Untuk memilih jenis huruf yang diinginkan
Paragraph

Untuk menentukan indentasi, spasi, spasi antar paragraph dalam dokumen
Bullets and Numbering

Untuk menyisipkan bullets dan nomor pada teks yang terpilih dalam dokumen
Border and Shading

Untuk membuat border atau bingkai
Column

Untuk membuat dokumen menjadi beberapa kolom atau membuat seperti kolom Koran
Tab

Untuk menentukan posisi dari tempat berhentinya tabulasi (tab) dalam dokumen
Drop Cap

Untuk membuat huruf pertama pada teks ataupun paragraph menjadi huruf yang besar.
Text Direction

Untuk merubah orientasi teks pada dokumen
Change Case

Untuk merubah teks menjadi huruf besar semua, kecil semua, huruf besar pada tiap kata atau sebaliknya
Background

Untuk memberi warna belakang pada lembar kerja yang aktif
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)

2.1.1.6 Ikon dan Sub Menu Dari menu Tools

Sub Menu
Tombol
Fungsinya
Spelling and Grammar

Untuk menjalankan fasilitas pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau paragraph
Dictionary

Untuk menjalankan fasilitas kamus dalam dokumen
Grammar

Untuk pengaturan tata bahasa dalam dokumen
Word Count

Untuk memberikan data statistic tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraph atau baris pada dokumen yang aktif
AutoCorrect

Untuk memperbaiki teks secara otomatis
Track Change

Untuk melihat pengubahan pada dokumen yang telah dilakukan, menerima atau menolak pengubahan yang telah dilakukan
Compare Documents

Untuk membandingkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya
Merge Documents

Untuk menggabungkan dokumen aktif yang telah diubah oleh track changes ke dalam dokumen yang telah dispesifikasikan
Protect Documents

Untuk melindungi dokumen agar aman dari pengubahan didalam dokumen
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)

2.1.1.7 Ikon dan Sub Menu Dari menu Table

Sub Menu
Tombol
Fungsinya
Insert

Untuk menyisipkan table baru ke dalam dokumen, menyisipkan kolom baris serta sel
Delete Table

Untuk menghapus table
Delete Rows

Untuk menghapus baris
Delete Column

Untuk menghapus kolom
Delete Cells

Untuk menghapus sel
Select Tabel

Untuk memilih atau menyeleksi table
Select Rows

Untuk memilih atau menyeleksi baris
Select Column

Untuk memilih atau menyeleksi kolom
Select Cells

Untuk memilih atau menyeleksi sel
TableAutoFormat

Untuk membuat format table secara otomatis
Merge Cells

Untuk menggabungkan beberapa kolom atau baris
Split Cells

Untuk membagi kolom menjadi beberapa baris dan kolom
Split Table

Untuk membagi table menjadi dua table
Sort

Untuk mensortir data atau mengurutkan data
Formula

Untuk memasukkan rumus dalam melakukan perhitungan pada table
Hide Gridlines

Untuk menampilkan atau menyembunyikan garis Bantu
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.1.8 Ikon dan Sub Menu Dari menu Window dan Help

Sub Menu
Tombol
Fungsinya
New window

Untuk memperlihatkan dokumen yang sama dalam jendela yang berbeda
Arrange All

Untuk mengatur jendela dari dokumen aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dalam waktu yang sama
Split

Untuk membagi menjadi dua bagianpada dokumen aktif, agar dapat melihat bagian yang berbeda pada waktu yang sama
About Microsoft Word

Untuk menampilkan kotak dialog tentang Microsoft word yang kalian gunakan dan seterusnya.
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.1.9 Fungsi Ikon Pada Toolbar Standart
Ikon
Nama
Tombol
Kegunaan

New Blank Documents
Untuk membuat dokumen baru

Open
Untuk membuka dokumen yang tersimpan

Save
Untuk menyimpan dokumen yang masih aktif

Permission
Untuk mengaktifkan & dan menonaktifkan network dari satu komputer dengan komputer lain

e-Mail
Untuk mengirinkan data melalui e-mail

Print
Mencetak dokumen / data

Print preview
Melihat dokumen sebelum dicetak

Spelling
Untuk mengecek kebenaran pengejaan tulisn yang sudah diketik sesuai dengan bahasa yang sudah kita setting

Research
Untuk mencari file atau dokumen yang diinginkan

Cut
Mengggunti obyek

Copy
Membuat duplikat

Paste
Mengambil data dari clipboard setelah di copy atau dicut

Format Painter
Mengcopy format yang sudah diketik

Undo
Membatalkan perintah

Redo
Mengembalikan setelah di ndo

Hyperlink
Untuk menyisipkan hyperlink

Table and Border
Untuk membuat table dan border

Insert Table
Untuk menyisipkan table pada dokumen

Insert Microsoft Excel Worksheet
Untuk menyisipkan lembar kerja Excel ke dalam dokumen Microsoft Word

Column
Untuk membuat kolom koran

Chart wizard
Menyisipkan grafik / membuat grafik pada dokumen

Zoom
Untuk mengatur tampilan dokumen
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.1.10 Fungsi Ikon Pada Toolbar Formatting

Ikon
Nama
Tombol
Kegunaan

Font
Memilih jenis atau bentuk huruf / font

Font Size
Memilih ukuran huruf / font

Bold
Membuat huruf tebal

Italic
Membuat huruf miring

Underline
Membuat huruf bergaris bawah

Align left
Meletakkan data rata kiri sel

Center
Meletakkan data di tengah sel

Align Right
Meletakkan data rata kanan sel

Justify
Untuk membuat teks, paragraph rata kiri dan kanan

Line Spacing
Untuk mengatur jarak spasi antar baris

Numbering
Untuk membuat memberi nomor para baris / paragraph

Bullets
Untuk memberikan symbol pada baris / paragraf

Decrease indent
Mengurangi Indentasi

Increase indent
Menambah Indentasi

Borders
Memberi borders / garis pada tabel

Fill color
Memberi warna pada background

Font color
Memberi warna pada huruf / font
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)




2.1.1.11.Fungsi Ikon Pada Toolbar Drawing

Ikon
Nama
Tombol
Kegunaan

Select
Untuk memilih obyek


Untuk menggambar Autoshapes

Line
Untuk membuat/menggambar garis

Arrow
Untuk membuat atau menggambar panah

Rectangle
Untuk menggambar kotak

Oval
Untuk menggambar lingkaran

Text Box
Untuk menyisipkan tek atau gambar pada kotak dalam dokumen

Insert WordArt
Untuk menyisipkan teks yang mengandung seni dalam dokumen

Insert Diagram
Untuk menyisipkan diagram arganisasi ke dalam dokumen

Insert ClipArt
Untuk menyisipkan gambar ClipArt melalui ClipArt Gallery kedalam dokumen

Insert Picture
Untuk menyisipkan gambar melalui kedalam dokumen

Fill Color
Untuk memberi warna pada obyek gambar

Line Color
Untuk memberi warna pada gambar garis

Font Color
Untuk memberi warna pada huruf atau font

Line Style
Untuk memilih bentuk gambar garis

Dash Style
Untuk memilih model garis

Arrow Style
Untuk menganti bentuk gambar panah

Shadow Style
Untuk memberikan shadow pada obyek gambar

3-D Style
Untuk memilih bentuk gambar 3 dimensi
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)

2.1.2 Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Gambar  Mouse Wireless
2.1.3Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.Touch Pad                                             Track Ball  Pointing Stick. (sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.3. Light Pen
`           Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
Gambar Light Pen. (sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.4.Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Gambar Joy Stick dan Paddle Games

2.1.5.Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
   Gambar Barcode Reader
  Gambar Barcode

2.1.6.Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa. (sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.7.Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
Kamera Digital
2.1.8.Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
Gambar headphone(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.9.Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)




DAFTAR PUSTAKA
(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar