MAKALAH
TEKNOLOGI INFORMASI
INPUT DEVICE
Disusun Oleh :
Nama : I Komang Adi Purnawan
NIM : (131 111 42 )
Jurusan/sem : Semester I I
pendidikan (B)
JURUSAN
PENDIDIKAN AGAMA HINDU
SEKOLAH
TINGGI AGAMA HINDU NEGERI GDE PUDJA MATARAM
2014
KATA
PENGANTAR
“Om
Swastyastu”
puji
syukur saya haturkan kehadirat ida sang
hyang widhi wasa, berkat asung
kerta wara nugraha-Nya, saya dapat
menyelesaikan tugas mandiri makalah
teknologi informasi yang berjudul“ INPUT DEVICE”
Sesuai dengan judul yang telah disebutkan diatas, dalam makalah ini saya memaparkan mengenai pengertian invut
device dan apa saja jenis dan fungsinya. Tujuan dari penyusunan makalah ini,
selain untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran teknologi informasi,
juga saya susun sebagai bahan pembelajaran.
Namun di samping itu, saya menyadari
betul bahwa dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Dan untuk itu
saya mengharapakan kritik dan saran yang sekiranya membangun dari
para pembaca sekalian agar kekurangan dalam makalah ini dapat diperbaiki
dan menjadi lebih sempurna untuk proses penambahan wawasan kita semua.
“Om Santih, Santih, Santih, Om”
Mataram, 8 maret 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman
Kata Pengantar...........................................................................................................................
Daftar Isi......................................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.......................................................................................................................
1.2 Rumusan Masalah...................................................................................................................
1.3 Tujuan.....................................................................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
2.1.INPUT DEVICE....................................................................................................................
2.1.1.MOUSE................................................................................................................................................................................
2.1.2.TOUCHPAD.......................................................................................................................................................................
2.1.3.LIGHT ................................................................................................................................................................................
2.1.4.PEN.......................................................................................................................................................................................
2.1.5.JOY STICK DAN GAMES PADDLE..............................................................................................................................
2.1.6.BARCODE..........................................................................................................................................................................
2.1.7.SCANNER...........................................................................................................................................................................
2.1.8.KAMERA DIGITAL.........................................................................................................................................................
2.1.9.MIKROPON DAN HEADPHONE..................................................................................................................................
2.1.10.GRAPHICS PADS...........................................................................................................................................................
Daftar
Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. LATAR BELAKANG
Dewasa ini perkembangan teknologi informasi sudah menjadi
elemen penting bagi seluruh lapisan masyarakat dalam bersosialisasi dan
berinteraksi. Teknologi informasi ini sendiri merupakan sebuah bidang ilmu yang
mempelajari tentang perangkat-perangkat informasi baik itu perangkat lunak
maupun perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah dan menghasilkan informasi
maupun menyampaikan suatu informasi tersebut ke perangkat informasi lainnya.
Perkembangan teknologi informasi begitu pesat di era
globalisasi ini, teknologi dan informasi seakan tidak mempunyai batasan dalam
perkembangannya,dan perkembangan ini berdampak langsung terhadap kehidupan
sosial serta budaya tidak hanya di Indonesia tapi mencakup berbagai belahan
dunia.
Kemajuan teknologi computer adalah salah satu teklonologi
informasi yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan
teknologi komputer akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan
manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan
aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati
banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade
terakhir ini.
Biasanya,
sehari-hari kita hanya menggunakan seperangkat PC (Personal Computer), tapi tak
tahu apa pengertiannya dan menggunakannya tentu juga hanya sekedar menggunakan.
Melalui makalah ini penulis mencoba membahas tentang hardware untuk memperjelas
apa dan kegunaan dari Input Device itu sendiri. Makalah ini menjelaskan tentang
pengertian Input Device serta bagian-bagian dan fungsinya.
1.2. RUMUSAN
MASALAH
Yang menjadi rumusan masalah pada
makalah ini yaitu :
1. Apakah pengertian dari Input Device?
2. Jelaskaan fungsi-fungsi dari
bagian-bagian hardware tersebut?
1.3.TUJUAN
1.
Mengetahui
pengertian dari hardware.
2.
Dapat
menjelaskan fungsi-fungsi dari bagian-bagian Input Device
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. INPUT DEVICE (UNIT MASUKAN)
Input Device / Peralatan Masukkan
merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam
komputer. Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan
mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain
games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar
sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan
menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file.
Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
-
Peratalan
input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses.
Contohnya
: keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-
Peralatan
input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk. Unit
masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti.(sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.1. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam
suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang
diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada
tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang
digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini
diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization).
Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita
kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis
Keyboard :
1.)
QWERTY
2.)
DVORAK
3.)
KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY,
yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki
empat bagian yaitu :
1. Typewriter Key
1. Typewriter Key
2.
Numeric Key
3.
Function Key
4.
Special Function Key.
1. Typewriter Key
Tombol
ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin
tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
-
Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri
cursor
-
Caps Lock
Bila
tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini
menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital,
bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
-
Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi
cursor
-
Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari
suatu menu.
-
End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir
baris/halaman/lembar kerja
-
Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau
untuk melakukan suatu proses perintah.
-
Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
-
Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
-
Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
-
Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke
bawah
-
Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke
kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini
terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka
tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka
tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi
ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari
program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol
akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk
menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
Fungsi Sub Menu Pada Menu Bar Semua menu yang terdapat pada menu
utama Microsoft word memiliki submenu yang mempunyai fungsi masing-masing
sesuai dengan kelompoknya. Untuk lebih memudahkan kita bahas satu persatu. (sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.1.1 Ikon dan Sub Menu Dari menu File
Sub Menu
|
Tombol
|
Fungsinya
|
New
|
Ctrl+N
|
Membuat dokumen baru
|
Open
|
Ctrl+O
|
Untuk membuka dokumen yang tersimpan
|
Close
|
Alt+F4
|
Untuk menutup dokumen yang aktif
|
Save
|
Ctrl+S
|
Untuk menyimpan dokumen aktif
|
Save As
|
Untuk menyimpan dokumen yang belum diberi nama dan diberi
kesempatan mengganti nama file
|
|
Save as Web Page
|
Untuk menyimpan dokumen dalam bentuk htm
|
|
File Search
|
Untuk mencari dokumen
|
|
Page Setup
|
Untuk mengatur halaman yang akan dicetak
|
|
Print Preview
|
Untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
|
|
Print
|
Ctrl+P
|
Untuk mencetak dokumen dan juga untuk mengatur halaman
|
Send To
|
Untuk mengirimkan dokumen
|
|
Properties
|
Untuk membuat rangkuman dari dokumen yang aktif
|
|
Exit
|
Untuk keluar dari word dan menutup seluruh dokumen
|
2.1.1.2
Ikon dan Sub Menu Dari menu Edit
Sub
Menu
|
Tombol
|
Fungsinya
|
|||
Undo
|
Ctrl+Z
|
Untuk
membatalkan perintah yang telah dilakukan
|
|||
Redo
|
Ctrl+Y
|
Untuk
mengulangi perintah terakhir yang pernah dibatalkan dengan Undo
|
|||
Repeat
|
Untuk
mengulangi perintah yang telah dilakukan
|
||||
Cut
|
Ctrl+X
|
Untuk
memotong atau menghapus teks atau gambar dan disimpan dalam clipboard
|
|||
Copy
|
Ctrl+C
|
Untuk
mengcopy atau menyalin file, teks atau gambar yang disimpan dalam clipboard
|
Paste
|
Ctrl+V
|
Untuk
menampilkan teks atau gambar yang telah dicopy atau di cut
|
Select
All
|
Ctrl+A
|
Untuk
memilih/menyorot seluruh teks atau gambar yang akan diolah
|
Find
|
Ctrl+F
|
Untuk
mencari teks atau kata dalam dokumen
|
Repleace
|
Ctrl+H
|
Untuk
mengubah teks atau kata dalam dokumen
|
Go
To
|
Ctrl+G
|
Untuk
menuju ke halaman, footnote, endonote atau bagaian lain yang ada dalam
dokumen
|
2.1.1.3
Ikon dan Sub Menu Dari menu View
Sub
Menu
|
Tombol
|
Fungsinya
|
Normal
|
Mengubah
penampilan layar pengetikan dalam mode normal
|
|
Web
layout
|
Mengubah
penampilan layar pengetikan dalam bentuk web view
|
|
Outline
|
Mengubah
penampilan layar pengetikan dalam bentuk outline
|
|
Print
Layout
|
Mengubah
penampilan layar pengetikan dalam bentuk Print View
|
|
Taks
Pane
|
Ctrl+F1
|
Untuk
menampilkan dan menghilangkan taks pane
|
Toolbars
|
Untuk
menampilkan dan menghilangkan toolbars
|
|
Ruler
|
Untuk
menampilkan dan menghilangkan garis pengatur
|
|
Header and Footer
|
Untuk
membuat judul di atas (header) dan membuat judul di bawah (footer)
|
|
Full
screen
|
Untuk
menampilkan dokumen dalam satu layer penuh
|
|
Magnifier
|
Untuk
menampilkan dokumen berdasarkan pilihan pembesaran layar
|
|
Zoom
|
Untuk
menentukan ukuran tampilan layar yang ditampilkan
|
2.1.1.4
Ikon dan Sub Menu Dari menu Insert
Sub
Menu
|
Tombol
|
Fungsinya
|
|
Page
Break
|
Untuk
menyisipkan belahan halaman
|
||
Page
Number
|
Untuk
menyisipkan nomor halaman baik di atas maupun di bawah
|
||
Date
and Time
|
Untuk
meyisipkan tanggal dan jam dalam dokumen
|
||
Symbol
|
Untuk
menyisipkan symbol ke dalam dokumen
|
||
Footnote
|
Untuk
menyisipkan catatan kaki dalam dokumen
|
||
Boolmark
|
Untuk
menyisipkan tanda pada teks atau gambar, grafik atau lainnya ke dalam dokumen
|
||
Hyperlink
|
Ctrl+K
|
Untuk
menyisipkan teks hyperlink pada lembar kerja yang berguna untuk dalam
pembuatan shortcut dalam pembukaan dokumen yang tersimpan di internet,
jaringan
|
|
Tekx Box
|
Untuk
menyisipkan tek atau gambar pada kotak dalam dokumen
|
||
File
|
Untuk
menyisipkan suatu file ke dalam dokumen
|
||
Insert Excel Spreadshhet
|
Untuk
menyisipkan lembar kerja excel kedalam dokumen word
|
||
Diagram
|
Untuk
menyisipkan digram/grafik kedalam dokumen
|
||
WordArt
|
Untuk
menyisipkan teks yang mengandung seni kedalam dokumen
|
||
ClipArt
|
Untuk
menyisipkan gambar ClipArt melalui Microsoft ClipArt Gallery kedalam dokumen
|
||
Object
|
Untuk
menyisipkan objek ke dalam dokumen
|
||
Autoshapes
|
Untuk
menyisipkan gambar tertentu dari tollbar kedalam dokumen
|
||
Equation
Editor
|
Untuk
menyisipkan rumus matematika kedalam dokumen
|
||
2.1.1.5
Ikon dan Sub Menu Dari menu Format
Sub
Menu
|
Tombol
|
Fungsinya
|
Font
|
Untuk
memilih jenis huruf yang diinginkan
|
|
Paragraph
|
Untuk
menentukan indentasi, spasi, spasi antar paragraph dalam dokumen
|
|
Bullets and Numbering
|
Untuk
menyisipkan bullets dan nomor pada teks yang terpilih dalam dokumen
|
|
Border and Shading
|
Untuk
membuat border atau bingkai
|
|
Column
|
Untuk
membuat dokumen menjadi beberapa kolom atau membuat seperti kolom Koran
|
|
Tab
|
Untuk
menentukan posisi dari tempat berhentinya tabulasi (tab) dalam dokumen
|
|
Drop Cap
|
Untuk
membuat huruf pertama pada teks ataupun paragraph menjadi huruf yang besar.
|
|
Text Direction
|
Untuk
merubah orientasi teks pada dokumen
|
|
Change Case
|
Untuk
merubah teks menjadi huruf besar semua, kecil semua, huruf besar pada tiap
kata atau sebaliknya
|
|
Background
|
Untuk
memberi warna belakang pada lembar kerja yang aktif
|
2.1.1.6
Ikon dan Sub Menu Dari menu Tools
Sub
Menu
|
Tombol
|
Fungsinya
|
Spelling and Grammar
|
Untuk
menjalankan fasilitas pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
paragraph
|
|
Dictionary
|
Untuk menjalankan fasilitas kamus
dalam dokumen
|
|
Grammar
|
Untuk
pengaturan tata bahasa dalam dokumen
|
|
Word Count
|
Untuk
memberikan data statistic tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraph
atau baris pada dokumen yang aktif
|
|
AutoCorrect
|
Untuk
memperbaiki teks secara otomatis
|
|
Track Change
|
Untuk
melihat pengubahan pada dokumen yang telah dilakukan, menerima atau menolak
pengubahan yang telah dilakukan
|
|
Compare Documents
|
Untuk
membandingkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya
|
|
Merge Documents
|
Untuk
menggabungkan dokumen aktif yang telah diubah oleh track changes ke dalam
dokumen yang telah dispesifikasikan
|
|
Protect Documents
|
Untuk
melindungi dokumen agar aman dari pengubahan didalam dokumen
|
2.1.1.7
Ikon dan Sub Menu Dari menu Table
Sub
Menu
|
Tombol
|
Fungsinya
|
Insert
|
Untuk
menyisipkan table baru ke dalam dokumen, menyisipkan kolom baris serta sel
|
|
Delete Table
|
Untuk menghapus table
|
|
Delete Rows
|
Untuk menghapus baris
|
|
Delete Column
|
Untuk
menghapus kolom
|
|
Delete Cells
|
Untuk
menghapus sel
|
|
Select Tabel
|
Untuk memilih atau menyeleksi
table
|
|
Select Rows
|
Untuk memilih atau menyeleksi
baris
|
|
Select Column
|
Untuk memilih atau menyeleksi
kolom
|
|
Select Cells
|
Untuk memilih atau menyeleksi sel
|
|
TableAutoFormat
|
Untuk
membuat format table secara otomatis
|
|
Merge Cells
|
Untuk
menggabungkan beberapa kolom atau baris
|
|
Split Cells
|
Untuk
membagi kolom menjadi beberapa baris dan kolom
|
|
Split Table
|
Untuk
membagi table menjadi dua table
|
|
Sort
|
Untuk
mensortir data atau mengurutkan data
|
|
Formula
|
Untuk memasukkan rumus dalam
melakukan perhitungan pada table
|
|
Hide Gridlines
|
Untuk
menampilkan atau menyembunyikan garis Bantu
|
2.1.1.8
Ikon dan Sub Menu Dari menu Window dan Help
Sub
Menu
|
Tombol
|
Fungsinya
|
New window
|
Untuk
memperlihatkan dokumen yang sama dalam jendela yang berbeda
|
|
Arrange All
|
Untuk mengatur jendela dari
dokumen aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dalam waktu yang sama
|
|
Split
|
Untuk membagi menjadi dua
bagianpada dokumen aktif, agar dapat melihat bagian yang berbeda pada waktu
yang sama
|
|
About Microsoft Word
|
Untuk menampilkan kotak dialog
tentang Microsoft word yang kalian gunakan dan seterusnya.
|
2.1.1.9
Fungsi Ikon Pada Toolbar Standart
Ikon
|
Nama
Tombol
|
Kegunaan
|
New Blank Documents
|
Untuk
membuat dokumen baru
|
|
Open
|
Untuk
membuka dokumen yang tersimpan
|
|
Save
|
Untuk
menyimpan dokumen yang masih aktif
|
|
Permission
|
Untuk
mengaktifkan & dan menonaktifkan network dari satu komputer dengan
komputer lain
|
|
e-Mail
|
Untuk
mengirinkan data melalui e-mail
|
|
Print
|
Mencetak
dokumen / data
|
|
Print
preview
|
Melihat
dokumen sebelum dicetak
|
|
Spelling
|
Untuk
mengecek kebenaran pengejaan tulisn yang sudah diketik sesuai dengan bahasa
yang sudah kita setting
|
|
Research
|
Untuk
mencari file atau dokumen yang diinginkan
|
|
Cut
|
Mengggunti
obyek
|
|
Copy
|
Membuat
duplikat
|
|
Paste
|
Mengambil
data dari clipboard setelah di copy atau dicut
|
|
Format
Painter
|
Mengcopy
format yang sudah diketik
|
|
Undo
|
Membatalkan
perintah
|
|
Redo
|
Mengembalikan
setelah di ndo
|
|
Hyperlink
|
Untuk
menyisipkan hyperlink
|
|
Table
and Border
|
Untuk
membuat table dan border
|
|
Insert
Table
|
Untuk
menyisipkan table pada dokumen
|
|
Insert
Microsoft Excel Worksheet
|
Untuk
menyisipkan lembar kerja Excel ke dalam dokumen Microsoft Word
|
|
Column
|
Untuk
membuat kolom koran
|
|
Chart
wizard
|
Menyisipkan
grafik / membuat grafik pada dokumen
|
|
Zoom
|
Untuk
mengatur tampilan dokumen
|
2.1.1.10
Fungsi Ikon Pada Toolbar Formatting
Ikon
|
Nama
Tombol
|
Kegunaan
|
Font
|
Memilih
jenis atau bentuk huruf / font
|
|
Font
Size
|
Memilih
ukuran huruf / font
|
|
Bold
|
Membuat
huruf tebal
|
|
Italic
|
Membuat
huruf miring
|
|
Underline
|
Membuat
huruf bergaris bawah
|
|
Align
left
|
Meletakkan
data rata kiri sel
|
|
Center
|
Meletakkan
data di tengah sel
|
|
Align
Right
|
Meletakkan
data rata kanan sel
|
|
Justify
|
Untuk
membuat teks, paragraph rata kiri dan kanan
|
|
Line
Spacing
|
Untuk
mengatur jarak spasi antar baris
|
|
Numbering
|
Untuk
membuat memberi nomor para baris / paragraph
|
|
Bullets
|
Untuk
memberikan symbol pada baris / paragraf
|
|
Decrease
indent
|
Mengurangi
Indentasi
|
|
Increase
indent
|
Menambah
Indentasi
|
|
Borders
|
Memberi
borders / garis pada tabel
|
|
Fill
color
|
Memberi
warna pada background
|
|
Font
color
|
Memberi
warna pada huruf / font
|
2.1.1.11.Fungsi
Ikon Pada Toolbar Drawing
Ikon
|
Nama
Tombol
|
Kegunaan
|
Select
|
Untuk
memilih obyek
|
|
Untuk
menggambar Autoshapes
|
||
Line
|
Untuk membuat/menggambar garis
|
|
Arrow
|
Untuk membuat atau menggambar
panah
|
|
Rectangle
|
Untuk menggambar kotak
|
|
Oval
|
Untuk menggambar lingkaran
|
|
Text Box
|
Untuk menyisipkan tek atau gambar
pada kotak dalam dokumen
|
|
Insert WordArt
|
Untuk menyisipkan teks yang
mengandung seni dalam dokumen
|
|
Insert Diagram
|
Untuk menyisipkan diagram
arganisasi ke dalam dokumen
|
|
Insert ClipArt
|
Untuk menyisipkan gambar ClipArt
melalui ClipArt Gallery kedalam dokumen
|
|
Insert Picture
|
Untuk menyisipkan gambar melalui
kedalam dokumen
|
|
Fill Color
|
Untuk memberi warna pada obyek
gambar
|
|
Line Color
|
Untuk memberi warna pada gambar
garis
|
|
Font Color
|
Untuk memberi warna pada huruf
atau font
|
|
Line Style
|
Untuk memilih bentuk gambar garis
|
|
Dash Style
|
Untuk memilih model garis
|
|
Arrow Style
|
Untuk menganti bentuk gambar panah
|
|
Shadow Style
|
Untuk memberikan shadow pada obyek
gambar
|
|
3-D Style
|
Untuk memilih bentuk gambar 3
dimensi
|
2.1.2 Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat
ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu,
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai
digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical
User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini
dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau
pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua
tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse
dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini
terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click)
dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag)
yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Gambar Mouse Wireless
2.1.3Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop
dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat
digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan
yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.Touch Pad Track Ball Pointing Stick. (sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.3. Light Pen
` Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
2.1.4.Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer.
Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang
akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Gambar
Joy Stick dan Paddle Games
2.1.5.Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi
alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket
atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya
dengan barcode.
Gambar Barcode
2.1.6.Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy
atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk.
Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin
fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat
ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan
perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk
file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan
yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang
biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan
Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik,
yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah
scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan
fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin
objek dalam bentuk teks.Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi
DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner
untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir
untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan
pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol
serta dapat menggunakan kertas biasa. (sumber :www.google.com di unduh 8 maret 2014)
2.1.7.Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga
komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera
Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera
digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini
sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan
film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan
ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan
atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini
ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis
sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti
halnya video.
Kamera
Digital
2.1.8.Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan
suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan
mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang
kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan
perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound
card dan speaker untuk mendengarkan suara.
2.1.9.Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat
rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada
monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan
jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah,
yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan (
touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian
diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif
sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah
dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar